-->

Macam - Macam Jaringan Internet

pada kesempatan kali ini artikel yang akan dihabas adalah mengenai jaringan internet, lebih tepatnya macam macam jaringan internet. sebagian orang mungkin sudah mengetahui dan sebagin juga pasti ada yang belum mengetahui tentang jenis jenis dari jaringan internet ini, dan apabila kalian belum tau jenis atau macam macam dari jaringan internet, oleh sebab itu saya membuat artikel ini dan mari kita bahas disini. jaringan internet itu memiliki beberapa jenis, tidak hanya ada 1 macam didunia, ada jaringan internet yang cakupannya kecil, yang mencakup wilayah kota dan bahkan ada juga yang mencakup satu negara. selengkapnya silahkan scrol kebawah dan selamat membaca.


1 . WIDE AREA NETWORK


Wide Area Network / WAN adalah, jaringan internet yang cakupannya paling luas diantara jenis jaringan yang lainnya. bisa mencakup suatu negara, jaringan ini menghubungkan beberapa LAN dan jumlah LAN yang bisa dihubungkan sangat banyak karena cakupannya yang begitu luas. jaringan Wide Area Network / WAN dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan sebuah Router dan saluran komunikasi publik. Jaringan Wide Area Network digunakan untuk menghubungkan jaringan Local Area Network dengan jaringan Local Area Network yang lainnya sehingga komputer yang satu dapat berkomunikasi dengan komputer yang lainnya dan berada di wilayah yang berbeda. .

2 . METROPOLITAN AREA NETWORK

Jaringan internet Metropolitan Area Network adalah jaringan disuatu kota yang memiliki transfer data yang cukup besar, jaringan ini menghubungkan berbagai lokasi seperti kantor, pemerintah, universitas dan sebagainya. Jaringan Metropolitan Area Network merupakan pengembangan dari jaringan Local Area Network, jaringan Metropolitan Area Network / MAN bisa mencakup dengan jarak 10 km sampai dengan 50 km. Jaringan cocok untuk jaringan di perkantoran yang berada pada satu kota.

3 . LOCAL AREA NETWORK

Local Area Network merupakan jaringan komputer yang cakupannya kecil, seperti jaringan pada sekolah - sekolah. Jaringan Local Area Network / LAN berbasis pada IEEE 802.3 Ethernet dan menggunakan perangkat switch yang speednya hanya 10 -1000 Mbit/s. jaringan komputer ini juga sering menggunakan 802.11b yang sering kita sebut dengan jaringan wifi, jadi selain menggunakan ethernet jaringan Local Area Network juga bisa dibentuk menggunakan jaringan tanpa kabel atau Wi-fi, nama tempat yang menyediakan jaringan Local Area Network yang menggunakan jaringan Wi-fi disebut sebagai area Hotspot. saya yakin kalian pasti sering mendengar nama hotspot area, apabila ada tulisan tersebut maka disitu pasti tersedia jaringan wi-fi.

4 . HOME AREA NETWORK

Home Area Network, dilihat dari namanya sajaa kalian pasti sudah mengerti dengan jenis jaringan yang satu ini. ya betul sekali, jaringan ini hanya mencakup satu rumah saja.

5 . PERSONAL AREA NETWORK

Personal Area Network adalah jaringan yang cakupannya lebih kecil dari Home Area Netwrok, karena jaringan Personal Area Netwrok ini hanya mencakup perseorangan saja, seperti nama dari jenis jaringan ini, cakupannya kurang lebihnya itu sekitar 10 meteran saja
6 . JARINGAN TANPA KABEL ( WIRELESS NETWORK )

Jaringan Wireless tidak menggunakan kabel untuk mengirim data, melainkan jaringan wireless ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirim sinyal atau data pada perangkat. oleh sebab itu kita membutuhkan perangkat wireless adapter untuk menerima maupun mengirim data dari perangkat lain.

7 . 
JARINGAN MENGGUNAKAN KABEL ( WIRED NETWORK )

Jaringan wired merupakan kebalikan dari jaringan wireless, wired network ini hanya menggunakan kabel saja agar bisa saling berkomunikasi atau mentransfer sebuah data dari perangkat satu ke perangakt lainnya. ada beberapa jenis kabel yang bisa kitia digunakan dalam jaringan wired. namun yang umum paling banyak digunakan adalah kabel FO atau FIber Optik dan kabel UTP.
8 . JARINGAN SERVER CLIENT 

Pada jaringan ini terdapat sebuah komuter server dan client, jadi komputer server tetap akan berperan sebagai server saja dan komputer client pun sama hanya akan menjadi client saja, berbeda dengan jaringan peer to peer yang keduanya bisa dijadikan server maupun client. jaringan server clinet ini sudah ada tugasnya masing masing.


9 . JARINGAN PEER TO PEER 

Jaringan peer to peer ini adalah jaringan yang keduanya bisa berpersan sebagai server , maupun client seperti yang sudah saya jelaskan tadi antara perbedaan jenis jaringan PTP dengan server client.

1 Response to "Macam - Macam Jaringan Internet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel