-->

Mengenal Hardware , Software Dan Brainware

Hardware dan Software , jadi kali ini kita akan mengenal apa itu hardware dan software pada perangkat komputer . dimateri yang pertama saya sudah membahas mengenai sejarah perkembangan komputer dan generasi generasi dari komputer . dan sekarang saya ingin membahas bagian dari komputer , komputer itu terdiri dari dua bagian yaitu hardware dan software sedangkan brainware adalah orang yang mengoperasikan perangkat komputer tersebut .


HARDWARE

Hardware memiliki arti perangkat keras komputer dan memiliki ciri ciri yaitu bisa di sentuh , seperti namanya bagian ini berupa bentuk fisik dari perangkat komputer , bagian hardware juga terdiri dari beberapa bagian lagi diantaranya adalah monitor , powesuplay dan motherboard . masih banyak lagi bagian dari hardware namun saya tidak akan membahasnya sekarang , saya akan bahas dimateri yang selanjutnya .

Perangkat keras atau Hardware itu dibedakan dengan data didalamnya atau yang beroperasi didalamnya , dibedakan dengan software yang berinsturksi untuk menyelesaikan tugas perangkat keras . didalam perangkat keras itu terdapat yang namanya FIRMWARE , firmware ini adalah perangkat lunak yang dibuat kedalam perangkat keras .

Perkembangan perangkat keras terjadi seiring berjalannya waktu , seperti yang terjadi pada microprocessor . microprocessor ini lah yang menjadi cikal bakal komputer menjadi mesin yang berguna dan banyak di gunakan oleh orang orang untuk membantu pekerjaan mereka , karena microprocessor ini merupakan otak dari sebuah perangkat komputer .


SOFTWARE

Software yang jika diartikan kedalam bahasa indonesia adalah perangkat lunak atau piranti lunak , software ini memiliki ciri ciri tidak bisa di sentuh hanya bisa dilihat saja . kenapa tidak bisa di sentuh ? karena perangkat lunak atau software adalah istilah khusus untuk sebuah data yang diformat dan di simpan secara digital , termasuk aplikasi / program komputer , dokumentasi dan semua yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer .

Perangkat lunak itu terbuat dari sebuah bahasa , yaitu bahasa pemrograman yang di buat oleh seorang programmer yang selanjutnya akan dikombinasikan dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang dikenali oleh perangkat komputer . perangkat lunak terbagi menjadi dua bagian yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi .

Perangkat lunak sistem , seperti Windows , Linux merupakan nyawa dari sebuah komputer , karena dengan itu koputer tidak dapat dioperasikan . sedangkan perangkat lunak aplikasi adalah sebuah software yang sering kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita seperti Microsoft Office , Photoshop dan lain lain . Hardware dan software itu saling melengkapi , karena software tidak akan berguna tanpa adanya harware dan hardware tidak akan berguna pula tanpa adanya software


BRAINWARE

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas , brainware adalah seseorang yang mengoperasikan komputer . brainware juga terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Sistem Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
  • Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau lebih  bahasa pemrograman seperti bahasa C, PHP , Python , Ruby , Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang menyiapkan program yang dibutuhkan untuk sistem komputer yang akan dirancang.
  • Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.
  • Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu. seperti orang orang yang memanfaatkan komputer untuk membantu pekerjaannya .




Terima Kasih Sudah Berkunjung

4 Responses to "Mengenal Hardware , Software Dan Brainware"

  1. Jenis² hardware beserta fungsinya:v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai jenis dan fungsinya akan saya bahas di materi selanjutnya .
      Terima kasih sudah berkunjung .

      Delete
  2. Jasa Pembuatan Website Untuk UKM, Otomotif, Property, Web Company Profile, Portal, Online Shop, dll. Desing profesional, berkualitas, dan SEO Friendly. Tunggu apa lagi, segera pesan website di Indofullstack.
    Untuk Info Lebih Lanjut Kunjungi : Indofullstack

    ReplyDelete
  3. Aplikasi yang digunakan administrator

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel