-->

Jual Ginjal Buat Beli iPhone XS Max

Apple di tahun ini membuat gebrakan di pasar smartphone yang semakin sengit. Bagaimana tidak, Apple meliris sebuah smartphone terbaru mereka dengan harga fantastis dan menjadi smartphone termahal yang dikeluarkan Apple. Mungkin Apple memang dikenal dengan brand yang premium dimana setiap produknya berharga fantastis dan menyasar kalangan atas. Pesaing berat Android ini memang jarang mengeluarkan smartphone baru, mungkin dalam setahun cuma 1-2 smartphone baru saja yang mereka keluarkan. Itu karena Apple sendiri fokus pada penjualannya saja.


Apple merilis sebuah smartphone generasi penerus iPhone X dan menjadi smartphone termahal mereka. Harga yang fantastis ini mungkin membuat anda berfikir ulang dua kali apakah pantas dibeli atau tidak. smartphone yang mereka beri nama iPhone XS Max itu dijual dengan harga 28 juta. Iya anda tidak salah lihat, benar harganya memang 28 juta. Sangat mahal untuk ukuran sebuah smartphone. Dengan uang segitu anda bisa membeli banyak hal ketimbang harus beli iPhone XS MAx itu. Harga yang hampir sama dengan satu buah sepeda motor itu memang bikin kita geleng-geleng kepala. Ko bisa harganya sefantastis itu yaa? Apakah smartphone itu dijual untuk anak sultan saja? apakah yang membuatnya mahal seperti itu? Apa sih kelebihan yang ditawarkannya? apakah spesialnya iPhone XS Max itu? Perlukah kita menjual satu buah ginjal kita untuk membeli smartphone itu?.
Iya pada dasarnya pertanyaan diatas banyak dilontarkan oleh orang-orang yang keheranan dengan harga iPhone XS Max yang sangat mahal itu. Tapi disini saya akan sedikit menjelaskan kenapa sih Iphone XS Max itu bisa dijual sangat mahal?

iPhone XS Max menjadi ponsel keluaran Apple termahal sepanjang sejarah. Rentang harganya mulai dari 1.099 dollar AS (Rp 16,4 jutaan) untuk varian memori 64GB, dan yang paling tinggi 1.449 dollar AS (Rp 21,5 jutaan) untuk varian 512GB.
Pertanyaannya, apakah modal membuat iPhone XS Max memang semahal itu? Atau Apple sengaja menaikkan harga untuk menambah keuntungan dari tahun-tahun sebelumnya?

Menurut analisa dari TechInsights, harga asli atau ongkos produksi iPhone XS Max varian 256 GB hanya 443 dollar AS (Rp 6,6 jutaan). Padahal, harga jual varian itu 1.249 dollar AS (Rp 18,5 jutaan).
Jika hitungan ini persis, artinya Apple mematok harga jual hampir tiga kali lipat dari ongkos produksi. Bisa dibilang hanya Apple yang berani melakukan hal ini, mengingat brand-nya memang terkenal premium.

Rincian harga

Lebih detail, TechInsights menjabarkan harga-harga komponen penyusun iPhone XS Max. Panel layar 6,5 inci berjenis OLED merupakan yang termahal, yakni 80,50 dollar AS (Rp 1,2 jutaan).

Selanjutnya, chipset Apple A12 Bionic juga cukup menguras kantong sang pabrikan Cupertino, yakni 72 dollar AS (Rp 1 jutaan) untuk satu unit.

Komponen lainnya seperti penyimpanan internal dan housing eksternal masing-masing menelan biaya 64 dollar AS (Rp 956.000-an) dan 58 dollar AS (Rp 866.000-an).

Peningkatan pada komponen kamera pun terhitung agak mahal, mencapai 44 dollar AS (Rp 657.000-an).

Secara keseluruhan, ongkos produksi iPhone XS Max sebenarnya tak jauh beda dengan iPhone X keluaran 2017 lalu, hanya terpaut sekitar 50 dollar AS (Rp 749.000-an).

Namun perlu dicatat, ongkos ini benar-benar hanya untuk produksi ponsel. Ada banyak unsur lain yang harus diperhitungkan, misalnya biaya riset dan pengembangan, proses distribusi, pemasaran, dan sebagainya.

Nah itu yang menyebabkan kenapa iPhone XS Max ini sangat mahal. Kita tidak perlu menjual ginjal kita hanya demi sebuah smartphone yang sebetulnya fungsi dan fiturnya sama seperti smartphone biasa pada umumnya yang harganya relatif lebih terjangkau. Mungkin yang membedakannya hanya brand mewah dan terkenal itu sendiri yang bisa membuat kepercayaan diri seseorang yang memiliki smartphone milik Apple meningkat. Intinya kita jangan terlalu boros dan menghamburkan uang kita hanya demi sebuah brand mewah saja. Pikirkan hal lain yang lebih dibutuhkan kita.

0 Response to "Jual Ginjal Buat Beli iPhone XS Max"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel