-->

Apa itu Snapdragon ?

Anda punya smartphone? Chipset yang anda gunakan apa? pasti Snapdragon iya? Jika iya anda perlu dan harus tau apa itu Snapdragon sendiri. Jangan-jangan anda malah tidak tahu sama sekali dan baru pertama kali mendengar kata Snapdragon itu sendiri. Jika anda baru pertama kali mengetahui tentang Snapdragon disini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa sih itu Snapdragon.


Pada dasarnya Snapdragon bisa difungsikan sebagai organ dalam pada sebuah smartphone itu sendiri atau dengan kata lain Snapdragon itu sebagai otak dalam smartphone. Jelas karena dia bertindak sebagai otak maka dia sangat dibutuhkan oleh smartphone. Namanya juga smartphone otomatis dari kata smart itu sendiri pasti ada yg berperan didalamnya. Snapdragon disini lah perannya untuk membuat si handphone menjadi lebih smart atau kalau di manusia disebut pintar/cerdas. Balik lagi ke judul artikelnya disini sekarang kita akan membahas tentang si otak smartphone yaitu Snapdragon.

Apa itu Snapdragon?

Snapdragon adalah seperangkat system on a chip (SOC) yang biasa digunakan oleh perangkat mobile atau smartphone dan dipasarkan oleh raksasa chipset dunia yaitu Qualcomm yang memiliki banyak fungsi. Fungsinya banyak karena Snapdragon merupakan sebuah sistem yang saling terkoneksi (System on Chip). Sebagai contoh, berikut perangkat yang digunakan di SOC Snapdragon 845:

Central Processing Unit (CPU)/Prosesor – Menggunakan ARM RISC Instruction Set, yaitu sebuah arsitektur bagaimana cara CPU bekerja . Satu CPU biasanya memiliki banyak core. Prosesor yang dimiliki oleh Qualcomm adalah Qualcomm Kryo.

Graphic Processing Unit (GPU) – Digunakan untuk mengolah informasi visual atau grafik. Qualcomm menggunakan Adreno untuk GPU.

Wireless Modem – Sebuah modem yang digunakan untuk koneksi internet. Qualcomm memiliki modem bernama Qualcomm X dan diikuti 2 angka. Saat artikel ini turun, versi terakhir modemnya adalah Qualcomm X24.

Digital Signal Processor (DSP) – Sebuah microprocessor yang dikhususkan untuk memproses sinyal-sinyal tertentu. Misalnya penggunaan sonar, radar, dan berbagai sensor lainnya. DSP yang dimiliki oleh Qualcomm adalah Qualcomm Hexagon.
Image Signal Processor (ISP) – Seperti namanya, prosesor ini digunakan untuk memproses sinyal gambar. Di sinilah gambar atau video yang anda hasilkan di smartphone akan diproses. ISP yang dimiliki Qualcomm bernama Qualcomm Spectra.

Qualcomm Aqstic Audio – Dengan teknologi ini, suara yang dihasilkan dari smartphone dapat lebih jernih, pengurangan suara bising, dan lain-lain. Teknologi ini mencakup audio codec, DAC, penguat daya, dan berbagai teknologi software untuk audio dan suara yang saling bekerja sama.

System Memory – Memori yang digunakan untuk penyimpanan sementara data yang akan di proses oleh SoC. Untuk Snapdragon 845, System Memory dalam bentuk L2 Cache adalah sebesar 2 MB.

Qualcomm Mobile Security – Sesuai namanya, bagian ini melindungi smartphone anda dari tangan-tangan tak bertanggung jawab. Dukungan keamanan seperti Password, sidik jari, pemindaian wajah, hingga iris mata nantinya disimpan dalam bagian ini untuk di autentikasi.
Tidak semua prosesor Snapdragon memiliki semua fitur yang dibahas diatas.

Namun anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa fitur dimiliki prosesor kelas atas seperti Snapdragon 845.

Nah itulah beberapa penjelasan dan cara kerja si otak smartphone yaitu Snapdragon. Kesimpulannya Snapdragon sangat berperan aktif untuk sebuah smartphone. Karena Snapdragon bertindak sebagai otak yang memotori segala aktivitas yang kita lakukan di smartphone.

0 Response to "Apa itu Snapdragon ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel