-->

Gunung Ciremai Sang Puncak Tertinggi Jawa Barat

Siapa yang tak kenal Gunung Ciremai, Gunung yang menjulang tinggi diatas tanah Jawa Barat ini patut disebut atap Jawa Barat karena Puncaknya yang sangat tinggi. Gunung Ciremai mendapat predikat sebagai Gunung dengan Puncak tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 3078 mdpl (meter diatas permukaan laut).




Gunung Ciremai sendiri masuk dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), letak gunung ini berada di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Namun daerah yang paling luas gunung ini masuk ke Kabupaten Kuningan. Gunung Ciremai termasuk kedalam gunung yang bertipe gunung berapi dan saat ini masih aktif. Gunung Ciremai termasuk kedalam Kawasan Gunung di pulau Jawa. Gunung ini menjadi salah satu deretan Gunung yang menjulang tinggi di Pulau Jawa bersama dengan Gunung Slamet, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Lawu, dan Semeru. 






Gunung Ciremai adalah Gunung yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Jawa barat. Karena gunung ini merupakan surganya para pendaki di Indonesia, bagaimana tidak dengan predikatnya sebagai gunung tertinggi Jawa Barat maka tentu anda wajib berkunjung kesini. Karena disini surganya bunga edelweis. Ya bunga keabadian ini tumbuh subur diatas Gunung Ciremai. Anda akan disuguhkan pemandangan indah perkebunan bunga edelweis jika mendaki kesini. Tentu anda tak boleh melewatkan menyaksikan bunga yang hanya tumbuh diatas gunung ini. Bunga Edelweis yang nama latinnya Anaphalis javanica ini memang identik dengan gunung. Tak heran jika banyak orang yang ingin memetiknya dari atas Gunung, namun anda jangan berani-berani memetik bunga ini, karena bunga ini sudah termasuk kedalam Flora yang dilindungi oleh pemerintah. Jika anda memetik bunga ini maka anda akan berurusan dengan hukum dan sanksi. Jadi saya sarankan lebih baik jangan. Mari kita jaga kelestarian dan ekosistem alam kita.




Di TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) sendiri ada sekitar 4 jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai, untuk anda yang ingin mendaki kesini anda bisa memilih jalur pendakian sesuai keinginan anda. Ada jalur yang landa-landai saja, ada juga jalur yang cukup menantang. 4 Jalur pendakian itu adalah Jalur Pendakian Palutungan (Desa Cisantana, Kuningan), Jalur Pendakian Linggarjati (Desa Linggarjati, Kuningan), Jalur Pendakian Linggasana (Desa Linggasana, Kuningan) dan Jalur Pendakian Apuy (Desa Apuy, Majalengka). Ada satu lagi jalur pendakian tapi jalur itu jarang dilewati oleh para pendaki, dan jika ingin kesitu maka anda harus masuk dulu ke Objek Wisata Bukit Seribu Bintang (BSB) Kuningan. Jalur itu bernama Jalur Pendakian Padabeunghar. Jalur ini jalur yang masih dalam konservasi TNGC karena banyak hewan dan tumbuhan endemik Gunung Ciremai. Jadi kemungkinan tidak dibuka jalur pendakian disini.



0 Response to "Gunung Ciremai Sang Puncak Tertinggi Jawa Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel