-->

5 Cara Merawat Kesehatan Perangkat PC Atau Laptop

Artikel kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana cara merawat keawetan perangkat PC maupun Laptop , penting buat kita yang memiliki perangkat PC maupun Laptop untuk memperhatikan kesehatan pada perangkat tersebut dan jangan sampai mengalami sakit yang bisa berujung kerusakan . bukan hanya kesehatan kita saja yang perlu diperhatikan tetapi kesehatan perangkat elektronik seperti PC dan Laptop pun perlu di perhatikan agar selalu bisa digunakan untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan . langsung saja kita simak bagaimana cara merawat kesehatan PC maupun Laptop .


1 . BERSIHKAN PERANGKAT DARI DEBU SECARA BERKALA 

Kita perlu memberisikan perangkat dari debu debu yang menyelinap di sela sela komponen yang ada pada perangkat itu secara rutin . ngga harus setiap hari , cukup dua minggu sekali atau satu bulan sekali . terutama yang harus kalian perhatikan kebersihannya adalah fan yang ada pada perangkat karena fan berfungsi menetralisir panas pada CPU , jika terdapat banyak debu pada perangkat maka bisa menyebabkan perangkat mengalami panas yang berlebihan dan bisa membuat perangkat sakit dan rusak .

2 . PASTIKAN THERMAL PASTA PADA CPU TIDAK KEKERINGAN

Jangan sampai thermal pasta pada CPU kekeringan karena CPU bisa mengalami panas yang berlebihan . biarpun sudah ada fan yang menetralisir , CPU masih bisa kepanasan karena thermal pasta yang mengering . jadi jika kalian merasa PC atau Laptop kalian terasa lebih panas dari sebelumnya padahal kalian sudah membersihkan debu yang ada pada fan , maka kalian harus cek thermal pasta pada CPU dan jika sudah mengering harus segera kalian ganti agar CPU tidak kepanasan lagi saat digunakan .

3 . UPDATE SOFTWARE JIKA SUDAH ADA YANG BARU

Selain pada hardware , kita juga perlu memperhatikan software yang kita gunakan . apakah masih bisa digunakan dan bekerja dengan baik atau ada masalah saat menggunakannya . maka dari itu kita harus selalu update software software dengan versi yang terbaru . biasanya kita sering mengabaikan jika ada pemberitahuan tentang update software , padahal itu penting untuk software yang kita gunakan karena bisa saja versi lama itu ada kekurangan dan bisa saja seketia corupt , jadi dengan mengupdatenya ke versi yang lebih baru kita juga bisa mendapat fitur baru dan banyak perbaikan pada versi terbaru tersebut . jangan menggunakan software yang tidak kita ketahui asal muasalnya .

4 . HAPUS FILE FILE YANG TIDAK DI PERLUKAN 

Kita juga perlu memperhatikan file file yang kita simpan di perangkat , karena bisa saja ada file file yang bersifat berbahaya yang tidak sengaja kita simpan seperti virus , itu bisa berakibat fatal pada sistem . jadi alangkah baiknya kalao kita membersihkan file file yang tidak kita ketahui sumber dan asal muasalnya untuk jaga jaga . karena lebih baik mencegah dari pada mengobati , kalian juga harus memanage file file yang kalian punya agar kalian bisa mudah jika mencari file tersebut .

5 . GUNAKAN ANTI VIRUS

Yang terakhir adalah kita harus gunakan antivirus , dengan adanya anti virus ini kita bisa mengetahui file yang berbahaya untuk laptop dan file yang aman karena dengan antivirus biasanya bisa mendeteksi ancaman dari virus virus yang bisa membahasyakan perangkat . sebenarnya menggunakan antivirus itu ada enaknya sama ada juga ngga enaknya , enaknya itu tadi seperti sudah saya jelaskan sebelumnya dan ngga enaknya itu ketika kita ingin menginstal aplikasi yang menggunakan crack atau keygen , karena itu dianggap virus . jadi kita harus mematikan terlebih dahulu antivirusnya juga ingin menginstal aplikasi yang menggunakan crack atau keygen , jika tidak dimatikan bisanya akan terhapus otomatis crack atau keygennya . Gunakan antivirus yang sudah terpercaya sperti Microsoft Essenstail , Smadav dan masih banyak antivirus lainnya .






Terima Kasih Sudah Berkunjung

0 Response to "5 Cara Merawat Kesehatan Perangkat PC Atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel