-->

Sejarah Jaringan Internet

Pembahasan kali ini  mengenai sejarahn dari jaringan internet terlebih dahulu , sama seperti di materi materi yang sebelumnya . jadi sebelum kita masuk lebih dalam ke materi jaringan ini alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang sejarah dan perkembangan dari internet . mungkin hampir semua orang mengetahui kata internet namun tidak mengetahui apa itu yang dimaksud dengan internet . jadi mereka hanya tau nama saja tetapi tidak tahu arti didalamnya , dan disinilah kita akan bahas mengenai sejarah jaringan internet didunia ini .


Internet merupakan kependekan dari interconnection networking, dan internet yaitu seluruh jaringan telekomunikasi yang menggunakan sebuah media elektronik . yang saling terhubung dengan menggunakan standarisasi sistem TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protokol ) , mengenai TCP/IP akan saya jelaskan di materi jaringan lainnya . di sini saya hanya ingin menjelajah sejarah dari jaringan internet .

Pada tahun 1969 departement pertahanan amerika serikat membentuk suatu jaringan komuter yang di namakan INTERNET , proyek ARPHANET ( Advanced Research Projec Agency Network ) merancang bentuk jaringan yang handal dan seberapa besar informasi dapat di pindahkan . pada awalnya proyyek ini dibangun dengan tujuan untuk keperluan militer . ARPHANET mulai di perkenalkan pada oktober 1972 dan pada saat itulah mulai berkembang dengan pesat di seluruh daerah .

Jaringan internet juga memiliki sebuah budaya , jumlah pengguna internet yang besar dan terus berkembang telah mewujudkan budaya jaringan internet . sekarang ini jaringan internet memiliki pengaruh besar atas ilmu dan pandangan dunia , hanya dengan berpandukan pada sebuah mesin pencarian seperti google , semuanya sudah bisa kita cari disitu dan kita pelajari . lebih memudahkan orang orang untuk mencari sebuah informasi

Bukan hanya manusia saja yang harus memiliki tata tertib dalam hidupnya , jaringan internet juga memiliki tata tertib yang dikenal dengan nettiquette . Nettiquette merupakan etika saat menggunakan internet dan disini ada beberapa aturan yang ada pada nettiquette :

  • Melindungi diri , mulai dari mengamankan perangkat komputer anda ,seperti memasang antivirus atau personal firewall
  • Jangan tertipu oleh internet , sehingga kalian mengunggah data pribadi kalian .pastikan terlebih dahulu URL yang anda tuju itu benar benar aman dan dapat di percaya
  • Dan yang untamanya adalah , kalian harus menghargai semama pengguan internet yang lainnya




Terima Kasih Sudah Berkunjung

0 Response to "Sejarah Jaringan Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel