-->

Kupas Tuntas Tentang Software

Saya ingin mengkupas tuntas tentang apa itu software untuk pembahasan kali ini , di materi dasar saya sudah menjelaskan sedikit mengenai software dan sekaranglah saya ingin membahasnya lebih lanjut lagi agar lebih bisa dipahami oleh kalian . dan saya akan bahas mendetail sampai keakar akarnya sekaligus . biar kalian mengetahui mengenai materi software tidak hanya pengertiannya saja , tetepi bisa tau lebih dalam lagi mengenai software . okeh langsung saja kita bahas mengenai perangkat lunak ini .


Software atau biasa dikenal perangkat lunak adalah sebuah istilah dari suatu data yang di format dan di simpan secara digital , termasuk sebuah program aplikasi dari komputer , dan berbagai informasi yang bisa di tulis dan dibaca oleh perangkat komputer . software ini memilki sifat yang berbeda dengan perangkat keras komputer atau hardware komputer yaitu : " Software memilliki sifat yang tidak bisa di sentuh oleh manusia , melainkan hanya bisa dilihat saja tetapi hardware itu bisa di sentuh secara langsung oleh manusia karena berbentuk fisik " ya itu adalah sifat dari software .

Bahan yang kita perlukan untuk membuat perangkat lunak adalah bukan bahan seperti membuat adonan kue ya , pernagkat lunak itu dibuat dengan menggunakan bahas pemrogramman seperti C++ , Python ,Java  ,HTML dan masih banyak bahas pemrograman yang lainnya , dan yang membuuat perngkat lunak yang menguasai bahasa pemrograman itu di sebut programmer . yang bisa dibilang bisa berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa pemrograman itu . bahannya unik bukan untuk membuat perangkat lunak ini ?

Perangkat lunak juga dibagi menjadi beberapa macan , yang bisa kita kenal mungkin hanya perngakat lunak sistem dan perngakat lunak aplikasi ? padahal masih banyak macamnya lagi dari pengakat lunak , dan berikut adalah macam maca dari perangkat lunak :

  • Perangkat Lunak Sistem Operasi : adalah perangkat lunak yang mengatur sumberdaya dari perangkay keras , jadi perangkat keras tidak akan berfungsi dengan baik tanpa adanya perangkat lunak sistem operasi ini . contohnya seperti LINUX , WINDOWS , MACOS 
  • Perangakat Lunak Aplikasi : adalah perangkat lunak yang kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita , seperti MS OFFICE , PHOTOSHOP dan lain lain
  • Perangkat Lunak Bebas (FREE LIBRE SOFTWARE) :  adalah perangkat lunak yang bebas digunakan dan dipelajari dan diubah ubah atau di modifikasi .
  • Perangkat Lunak Menetap (FIRMWARE) : adalah perangkat lunak yang di simpan di memory dan hanya dapat di baca saja 
  • Perangkat Lunak Uji Coba (TRIALWARE) : adalah perangakat lunak yang di siapkan untuk melakukan uji coba dan dibatasi kombinasi fungsi juga . perangkat lunak ini biasanya berbayar , tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama .
  • Perangkat Lunak Gratis (FREEWARE) : adalah perangakat lunak yang gratis dan bebsa digunakan tanpa batasan waktu , berbeda dengan trialware yang berbayar dan memiliki batasan waktu .
  • Perangakat Lunak Perusak (MALWARE) : adalah perangakt lunak yang dibuat untuk menyelundup kedalah sistem komputer lalu merusaknya .
Itu adalah beberapa macam macam dari perangkat lunak dan untuk macam macamnya saya akan bahas lebih mendetail lagi di artikel yang selanjutnya , dan untuk sekarang mungkin saya cukupkan ssampai disini pembahasan mengenai perangkat lunak atau software .





Terima Kasih Sudah Berkunjung

2 Responses to "Kupas Tuntas Tentang Software"

  1. Nice post gan, sangat membantu...
    Saya selama ini sudah tau apa itu software namun hanya garis besarnya, dengan penjelasan dari artikel ini sya jadi lebih tau apa itu software

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel